300 Atlet Sumsel Berebut Juara di Turnamen Catur HUT PDI

| |

Kop
Arto

****

beritasebelas.id, Palembang – Sebanyak 300 atlet catur dari berbagai jenjang berebut juara pada Turnamen Catur dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) ke-51 yang digelar DPC PDI Kota Palembang  bekerjasama dengan Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Sumatera Selatan.

Acara ini dibuka oleh Ketua DPC PDI Kota Palembang H Yulian Gunhar, SH, MH diwakili oleh Bendahara Duta Wijaya Sakti, SH di Hotel Grand Duta Palembang, Minggu, 28 Januari 2024.

“Turnamen Catur ini adalah dalam rangka rangkaian HUT PDI ke-51 yang digelar oleh DPC PDI Kota Palembang. Dan acara ini kami ucapkan terima kasih karena berjalan dengan lancar atas kerjasama dengan Percasi Sumsel,” ujar Duta Wijaya Sakti, SH.

Pada kesempatan tersebut Sekretaris Umum Percasi Sumsel Ir. Suganda Abdullah, MM, WN, PNP menyambut baik turnamen catur HUT PDI ke-51 ini. Pihaknya mengapresiasi PDI Kota Palembang yang dalam rangkaian kegiatannya bisa peduli dengan olahraga catur.

Apalagi, catur ini merupakan olahraga yang murah dan digemari banyak masyarakat. Meski begitu, prestasi catur sudah sangat mendunia. Dan pada Turnamen Catur HUT PDI ke-51 ini diikuti setidaknya 15 Master Nasional.

“Kedua kami juga mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum Percasi Sumsel Bapak Yulian Gunhar yang telah membawa prestasi catur ini terus meningkat. Terbukti pada Porwil Riau kemarin, Sumsel meraih juara umum, setelah 44 tahun kita tidak juara umum,” ujarnya.

Suganda menambahkan bahwa Percasi Sumsel dibawah kepemimpinan H Yulian Gunhar juga telah meloloskan perorangan putra dan beregu putri untuk berjuang pada PON XXI Aceh-Sumut pada 8-20 September 2024 mendatang.

Senada dengan itu dikatakan Ketua Harian Percasi Sumsel Prima Nursinggih, ST, MM berharap agenda ini menjadi turnamen tahunan yang digelar PDI Kota  Palembang dan Percasi Sumsel.

Pasalnya, ini merupakan olahraga masyarakat yang banyak diminati. Dan hal tak kalah penting, ini menjadi ajang pembinaan dan pembibitan bagi para atlet pemula.

Karena pada kompetisi, juga banyak diikuti oleh para atlet pemula, baik jenjang SD hingga SMA, putra maupun putri. Ke depan diharapkan catur ini menjadi salah satu Cabor yang menjadi prioritas diperhatikan oleh KONI Sumatera Selatan. 

Melalui kompetisi ini juga menjadi ajang kompetisi bagi para atlet PON Aceh-Medan karena atlet perorangan putra dan beregu putri yang lolos juga mengikuti ajang bergengsi ini.

“Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih kepada DPC PDI Kota Palembang yang telah menjadi sponsor pada turnamen catur ini, apalagi ini main di hotel dengan suasana dingin. Dan luar biasa membludak pesertanya, lebih dari 300 mengikuti.
Sementara itu, Ketua Bidang Pertandingan Fachruddin SH, WN mengatakan bahwa turnamen ini diikuti oleh 300 peserta dari 15 kabupaten dan kota di Sumsel dengan sistem SWISS. Pertandingan ini mempertandingkan 8 kategori yaitu senior putra, senior putri, SMA putra, SMA putri, SMP putra, SMP putra, SD putra dan SD putri.
“Untuk kategori senior mempertandingkan 9 babak sedangkan usia pelajar sebanyak 7 babak. Dengan total hadiah Rp50 juta rupiah,” pungkasnya.

print
Sebelumnya

Loloskan 10 Atlet, ISSI Sumsel Bidik Tiga Emas di PON Aceh-Sumut 2024

Hotel IBIS Palembang Tawarkan Dinner Spesial Valentine dari Ketinggian Lantai 10

Berikut