Cek Tagihan Pajak Kendaraan, Bisa Lewat Ponsel

| |

kop-dalam-berita

oleh Haqulana – foto Dokumen beritasebelas

beritasebelas.com,Banyuasin – Antisipasi pungutan liar (pungli), Polres Banyuasin miliki aplikasi berbasis online bernama Sistem Informasi Administrasi Pajak Online atau disingkat ‘SIAPO’. Aplikasi ini memudahkan warga bertransaksi secara online, baik pembayaran pajak maupun mengecek nomor registrasi kendaraan.

Loket Samsat1
[Wajib pajak mengurus perpanjangan pajak kendaraannya di Kantor Samsat]
Kapolres Banyuasin AKBP Andri Sudarmadi Sik MH melalui Kasat Lantas AKP Asep Supriadi SH mengungkapkan, dengan aplikasi ini warga tak perlu lagi mengantre di Kantor Samsat untuk membayar pajak. Hal ini juga untuk menghindari aksi pungli dan tipu-tipu nominal bayaran pajak.

“Aplikasi SIAPO ini telah dilauching Kapolda Sumsel baru-baru ini. Tujuannya untuk memudahkan membayar pajak, bisa dilakukan pembayaran melalui banking atau transfer. Tinggal melakukan klik menggunakan android wajib pajak bisa mengetahui jumlah nominal yang mesti dibayar,” ungkap dia.

Menurutnya, dengan sistem ini juga petugas Kepolisian maupun Dispenda dapat mengurangi tatap muka dengan masyarakat sehingga pungli bisa dihindari. Katanya, di mana pun berada, masyarakat bisa membayar pajak.

“Kita dapat keluhan dari masyarakat, kalau bayar pajak itu lama. Jadi dibuat aplikasi ini, mau bayar ke Palembang, orangnya ada di Prabumulih, mereka bisa bayar melalui aplikasi SIAPO. Pungli bisa dicegah,” ujarnya.

Dijelaskannya aplikasi SIAPO merupakan aplikasi pertama pembayaran pajak online diseluruh Indonesia.

“Mudah-mudahan dengan adanya aplikasi SIAPO ini masyarakat semakin mudah, cepat dan hemat terlayani,” jelasnya.

Selain membayar pajak berbasis online, masyarakat di desa terpencil kini sudah bisa memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) melalui aplikasi SIMADE atau SIM Masuk Desa. Dengan aplikasi ini, petugas akan menjemput bola dengan mendatangi desa tersebut.

“Syaratnya hanya minimal 20 orang yang mau daftar, petugas datang ke lokasi dan lakukan tes, kalau lulus SIM akan diterbitkan. Intinya dengan ada nya keunggulan program ini mayarakat bisa hemat ongkos dan waktu,” imbuhnya.

 

Kanit Regiden Satlantas Polres Banyuasin Iptu Bambang mengatakan, mendapatkan aplikasi SIAPO sangat mudah, asalkan mempunyai handphone android.

“Cari program playstore, pilih aplikasi SIAPO dan lakukan instal di hape android,” katanya.

Setelah itu sambung Bambang, aplikasi SIAPO bisa digunakan untuk mengecek angka pajak yang harus dibayar. Kata dia, setelah melakukan register dengan menggunakan aplikasi SIAPO, wajib pajak masih tetap ke Samsat untuk mengganti STNK.

“Masih tetap ke Samsat, hanya saja waktunya lebih singkat. Hanya cukup meluangkan waktu 30 menit STNK sudah selesai. Asalkan di Samsat tidak ada antrian,” pungkas dia.

 

 

print
Sebelumnya

Target Pajak Alat Berat Banyuasin, Naik 300 Persen

SFC Tutup Bursa Transfer Pemain Asing

Berikut