Dana Infaq Guru Capai Rp 1,4 Miliar

| |

kop-dalam-berita

oleh Bagus

beritasebelas.com,Baturaja – Dana infaq yang disalurkan para guru berstatus PNS di jajaran Dinas Pendidikan Ogan Komering Ulu sejak digulirkan tahun 2012 hingga saat ini mencapai total Rp 1,4 miliar.

Kepala Dinas Pendidikan OKU, Akhmad Tarmizi melalui Bendahara Pengeluaran, Sumarno, Senin, 30 Januari 2017 mengatakan, pihaknya sudah menyetorkan penyaluran dana infaq yang dibayarkan oleh para guru di jajaran Dinas Pendidikan OKU.

Menurutnya, dari rekapan dan bukti penyetoran yang dilakukan pihaknya, besaran dana infaq guru di jajarannya sejak digulirkan pada 2012 lalu, hingga Januari 2017 tercatat sebesar Rp1.449.914.039.

“Dana infaq ini setiap bulannya kami setorkan ke rekening Baznas OKU, hingga saat ini terakhir untuk penyaluran Januari 2017,” jelasnya.

Dikatakannya, secara rincian besaran penyaluran dana Infaq guru di jajaran Dinas Pendidikan OKU mengalami perubahan sesuai dengan jumlah PNS guru yang terdata dipihaknya.

“Untuk rincian jumlah guru dikenakan dana infaq saya tidak tahu persis, karena yang dikenakan infaq cuma guru golongan IV dan III, sementara untuk jumlah semuanya saat ini tercatat 2.836 guru PNS,” katanya.

Sementara untuk pengunaan dana Infaq sendiri, kata Sumarno, pihaknya sama sekali tidak mengetahuinya, lantaran tugas pihaknya hanya menerima dan menyalurkan saja.

“Mengenai penggunaannya kami tidak tahu, karena hanya menyalurkan saja ke Baznas, coba saja ditanyakan langsung ke Basnaz OKU,” kata Sumarno.

Sedangkan Ketua Baznas OKU, Admiyati Somad melalui Staf Program Baznas, Fauzan saat ditanyakan soal dana infaq yang disalurkan para guru ini mengatakan, penyaluran dana infaq telah dilakukan pihaknya melalui 5 program antara lain program OKU sehat salah satunya berupa klinik gratis Baznas, program OKU makmur syariah, program OKU taqwa, program OKU peduli dan program OKU cerdas.

“Semua penyaluran dana infaq, sodaqoh termasuk dana infaq dari guru kita pergunakan untuk 5 program ini,” katanya.

Pihaknya sendiri sering mengekspos mengenai jumlah rekening dana infaq yang diterima pihaknya dari seluruh Unit Pengelola Zakat (UPZ) atau penerima dana infaq dari SKPD di jajaran Pemerintah Kabupaten OKU, sehingga bisa dilihat berapa jumlah rekening sudah diterima.

Ia menambahkan, ekspos tersebut dilakukan untuk menjawab kekhawatiran sejumlah guru mengenai keberadaan, kegunaan dan manfaat dari dana infaq tersebut.

print

Sebelumnya

Kuota Penuh, Diskominfo Larang Dirikan BTS

Sudah Miliki Kartu KIS, Warga Miskin Banyuasin Ditolak Berobat

Berikut