****
beritasebelas.id, Palembang – Indosat Ooredoo Hutchison melaporkan kinerja cemerlang dalam periode dua belas bulan yang berakhir pada 31 Desember 2023 lalu.
Berdasarkan pembukuan, total pendapatan dan EBITDA tumbuh konsisten di setiap kuartal tahun 2023.
Mulai dari pendapatan EBITDA, margin EBITDA, trafik data, dan jumlah BTS (Base Transceiver Station) 4G.
President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha mengungkapkan bahwa berdasarkan pembukuan, total pendapatan dari seluruh lini bisnis sebesar Rp 51,2 triliun di sepanjang 2023.
“Jumlah itu meningkat 10 persen dibandingkan tahun sebelumnya,” ungkap Vikram, Selasa (13/2/2024).
Vikram menerangkan bahwa pertumbuhan total pendapatan tersebut didorong oleh peningkatan kualitas pelanggan konsumen dan korporasi serta kinerja positif dari semua lini bisnis Perusahaan.
“Untuk pendapatan selular tumbuh 8,7 persen YoY disebabkan oleh peningkatan pendapatan Data dan Interkoneksi,” terang Vikram.
Sementara pendapatan Multimedia Data Communication and Internet (MIDI) naik 13 persen YoY yang ditopang oleh peningkatan pendapatan layanan IT dan Internet Tetap.
Selanjutnya, pendapatan Telekomunikasi tetap juga melesat 28,4 persen YoY dikontribusi oleh peningkatan pendapatan telepon Internasional dan jaringan tetap.
“Peningkatan pendapatan ini juga diikuti oleh optimalisasi biaya yang berdampak pada pertumbuhan positif pada EBITDA sebesar 23 persen YoY menjadi Rp 23,9 triliun.
“Indosat juga mencatat EBITDA margin yang dinormalisasi tumbuh solid sebesar 46,8 persen meningkat 4,5 poin persentase YoY,” beber Vikram.
Dengan capaian tersebut, Laba Normalisasi Periode Berjalan yang Dapat Diatribusikan Kepada Pemilik Entitas Induk mencapai Rp 3,5 triliun dan tetap positif selama 3 tahun berturut-turut.
“Pencapaian Indosat Ooredoo Hutchison pada tahun 2023 tak lepas dari kontribusi seluruh pihak mulai dari mitra bisnis, pelanggan, pemegang saham, dan tentunya seluruh karyawan kami,” jelas Vikram.
Kinerja keuangan dan operasional yang kuat ini menegaskan komitmen Indosat untuk terus mendorong kemajuan ekosistem industri telekomunikasi di Indonesia.
“Peka terhadap dinamika pasar, inovasi layanan yang berpusat pada teknologi, serta integritas pada keunggulan operasional tidak hanya menjadi kunci dalam menavigasi pertumbuhan bisnis. Namun, turut memperbesar penciptaan nilai bagi para pemangku kepentingan kami,” terang Vikram.
Sepanjang tahun 2023 Indosat terus mendekatkan hubungannya dengan hampir seratus juta pelanggan di kedua merek konsumennya IM3 dan Tri yang menghasilkan peningkatan Mobile Average Revenue Per User (ARPU) sebesar 5,3 persen menjadi Rp 35,6 ribu.
“Bertambahnya basis pelanggan yang berkualitas semakin diperkokoh dengan peningkatan skor Customer Satisfaction (CSAT) IM3 yang naik 4 poin YoY menjadi 84.1, sedangkan CSAT Tri turut naik 3 poin YoY menjadi 84.0,” tutur Vikram.
“Hasil ini menunjukkan keberhasilan strategi Go-to-Market Indosat dan mencerminkan pengalaman mengesankan atau marvelous experience yang diberikan Perusahaan kepada pelanggan,” tutup Vikram.