Kasus ISPA di Palembang Terus Alami Peningkatan, Sentuh 10.708 Jiwa

| |

Kop
Uci

****

beritasebelas.id, Palembang – Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Palembang kasus Inspeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) telah menyentuh angka 10.708 kasus per September 2023 ini.

Yudhi Setiawan

Berdasarkan data tersebut jumlah penderita ISPA di Kota Palembang meningkat lebih dari 1.000 kasus. Di mana pada bulan Agustus, terdata 9.367 kasus.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Palembang, Yudhi Setiawan menjelaskan 10.708 kasus tersebut terjadi pada September 2023 ini.

Rinciannya pada 1 September terdapat 451 kasus. 4 September 622 kasus. 7 September 556 kasus. 11 September 652 kasus. 14 September 546 kasus. 18 September 630 kasus. Terakhir 21 September 572 kasus.

Yudhi Setiawan menuturkan kasus ISPA di Palembang mencapai ribuan, setiap bulan terkadang meningkat atau menurun pada kategori usia tertentu.

“Faktor ISPA meningkat diakibatkan perubahan cuaca (panca roba), kabut asap, banyak orang dewasa sebagai penular, imunitas anak yang menurun. Sebagian besar penyebabnya di Palembang yakni bakteri dan virus yang masuk ke dalam saluran pernapasan,” ujar Yudhi.

Yudhi Setiawan mengimbau masyarakat selalu memperhatikan kesehatan anak dan orang tua, terlebih polusi udara memburuk.

“Gunakan masker setiap hari, dan hindari keluar rumah berlebihan terutama anak-anak,” tutup Yudhi.

print
Sebelumnya

U-PGRI Palembang dan B-RIN dan Pertamina Kilang Plaju Berkolaborasi Lestarikan Ikan Belida Agar Tidak Punah

Gelar Seminar, UPGRIP Dorong Pengembangan Karir Mahasiswa

Berikut