Kios Samsat Belum Berfungsi

| |

Mesin Kios samsat
Mesin e-samsat yang ada di Kios Samsat Bank SumselBabel Palembang

Beritasebelas.com, Palembang

Walaupun sudah di luncurkan oleh Gubernur Sumatera Selatan H. Alex Noerdin beberapa waktu yang lalu, tapi program pembayaran pajak kendaraan baik roda empat maupun roda dua yang berbasis online atau program e-samsat belum dapat di fungsikan.

Padahal program yang di gelar oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan ini, adalah untuk memberikan pelayanan kepada wajib pajak, sehingga wajib pajak tidak perlu lagi antri dan menggunakan jasa calo dalam pembayaran pajak kendaraan.

Diketahuinya belum berfungsi program Kios Samsat ini di ungkapkan oleh salah seorang wajib pajak Andrian warga Bukit Kecil, yang akan membayar pajak kendaraan roda dua, Rabu 27 Januari 2016 di Kios Samsat Kantor Bank SumselBabel Jalan Kapten A. Rivai Palembang. Menurut Andrian dengan membayar pajak melalui Kios Samsat di harapkan akan mempercepat waktu dan tidak perlu mengantri, tapi kenyataannya hampir 3 jam berada dalam box Mesin E-Samsat proses pembayaran pajak belum dapat dilakukan.

“Tadi saya mau bayar pajak motor, infonya tidak perlu ke Kantor Samsat lagi, tapi cukup mendatangi Kios Samsat yang ada di Bank SumselBabel pembayar pajak dapat dilakukan, kenyataannya dari semalam saya tidak bisa menggunakan mesin e-samsat ini,” ujarnya.

Sementara itu salah satu petugas di Bank SumselBabel Usef Irianto, mengatakan mesin ini memang dia yang mengambilnya dari Samsat, dan pada saat peluncur program e-samsat beberapa waktu yang lalu juga diajak untuk mengikuti proses pembayaran pajak.

“Memang saya diajak pada peluncuran program ini, pada saat itu tapi setelahnya kita tidak di berikan informasi cara penggunaan mesin maupun brosur,” ungkapnya.

Mesin e-samsat yang di pasang di pojok kiri Bank SumselBabel pada saat di pantau awak media ini, tidak di temukan petunjuk cara penggunaannya, yang ada hanya disply tulisan perintah dan disply penempatan e-KTP saja.

Sedangkan salah satu petugas Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Sumatera Selatan yang ada di loket Kantor Samsat Jalan POM IX Palembang, yang tidak mau menyebutkan namanya mengatakan tidak tahu sama sekali mengenai hal tersebut. “yang saya tahu memang sudah ada Kios Samsat tapi kalau belum berfungsi saya tidak tahu mas,” ungkapnya singkat. Hal yang sama juga di katakan oleh salah satu Polisi Wanita yang bertugas di loket Samsat, kalau mengenai Kios Samsat itu bukan tanggungjawab dari Samsat, tapi itu merupakan tanggungjawab dari pihak ketiga mengapa sistemnya belum di fungsikan. (qis)

print

Sebelumnya

Giliran Gugatan Pilkada Musi Rawas di Mentahkan MK

Setelah Jenderal Sudirman Cup Menyusul Bhayangkara Cup

Berikut