Palembang Akan Jadi Tuan Rumah pada Rakernas Ke-IX JKPI, Catat Tanggalnya!

| |

Kop
Tia

****

beritasebelas.id, Palembang – Jelang Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-IX pada tanggal 2-5 November mendatang, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melakukan audiensi bersama Angkasa Pura II di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II untuk mempersiapkan menyambut kedatangan rombongan dari 73 peserta Jaringan Pusaka Kota Pusaka Indonesia (JKPI).

Rapat persiapan Palembang sebagai tuan rumah Rakernas IX JKPI – foto Tia beritasebelas.id

Palembang sendiri akan menjadi tuan rumah dalam acara tersebut. Tak hanya itu, kegiatan tersebut juga akan menampilkan budaya dari seluruh Indonesia dengan tujuan pelestarian cagar budaya.

Rencananya, setiap kegiatan akan dilakukan di tempat berbeda seperti di Museum Sultan Mahmud Badaruddin II, Pelataran BKB, hotel Aryaduta, dan masih banyak lagi.

“Sungguh luar biasa dari Angkasa Pura II SMB II menyambut baik, mensuport baik dan insha Allah 73 kabupaten kota akan hadir di sini serta membawa rombongannya,” Ujar Yanuar Pani, Asisten I Setda Kota Palembang saat ditemui di kantor Angkasa Pura II, Senin (03/10).

Yanuar menuturkan, kegiatan Nasional harus banyak diadakan di Kota Palembang agar membuat perekonomian dapat terus berputar dan membuat UMKM berkembang.

“Kai menginginkan kalau bisa kegiatan nasional banyak-banyak di Palembang, karena untuk mensejahterakan masyarakat juga kan. Sekaligus perputaran ekonomi seperti songket habis, pempek habis, hotel penuh dan lainnya ujung-ujungnya ke masyarakat sejahtera,” tuturnya.

Lebih lanjut Yanuar menjelaskan, jika acara tersebut akan dibuat seperti seminar, pawai budaya, expo, dan lainnya.

“JKPI ini belum selesai dan masih ada rapat yang lainnya yang melibatkan seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah). Yang terpenting kegiatan nya nanti ada seperti seminar, tampilan budaya, expo, pawai budaya, UMKM,” jelasnya.

“Untuk narasumbernya dari luar Negeri seperti UNI Arab dan Korea, UMKM nanti kita libatkan juga, untuk jumlah standnya belum bisa di pastikan berapa stand UMKM nya,” lanjutnya.

Sementara itu, R Iwan Mahdar Winaya selaku Executive General Manager mengatakan, jika pihaknya menyambut baik kedatangan Asisten I Setda kota Palembang untuk menginformasikan akan dilaksanakan Rakernas IX JKPI tahun 2022 yang akan masuk salah satunya melalui akses SMB II.

“Kami sangat mendukung kegiatan ini, dan yang kita ingin agar kegiatan nasional maupun internasional bisa dilaksanakan di kota Palembang maupun di Sumsel untuk meningkatkan ekonomi daerah,” kataya.

“Kami sudah mempersiapkan sedemikian rupa untuk mendukung kegiatan ini dimulai dari walikota dari turun pesawat sampai keluar dari bandara kita lakukan support full untuk rakernas nanti,” tambahnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kebudayaan kota Palembang, Agus Rizal mengungkapkan jika ia akan menampilkan tarian sambut termasuk juga kegiatan penampilan tarian lainnya.

“Nanti saat 73 peserta tiba di bandara SMB II, akan kita sambut dengan tarian. Ada penampilan tarian dari kabupaten delegasi JPKI, nanti tempatnya di museum SMB II ada bazar juga, karnaval budaya, permainan tradisional, kesenian kabupaten kota dan itu pusatnya di museum SMB II pada malam Jumat yang akan tampil seluruhnya,” tandasnya.

print
Sebelumnya

Siswa Berkebutuhan Khusus Jadi Cadangan Simulasi ANBK

Suporter Sriwijaya FC Gelar Doa Bersama Untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Berikut