****
beritasebelas.id, Palembang – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre III Palembang mencatat ada sebanyak 3.477 orang menggunakan moda transportasi kereta api pada arus balik Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).
Angka tersebut merupakan jumlah penumpang yang tertinggi hingga posko hari ke- 13, di mana pada masa arus mudik puncak tertinggi di hari ke-2 posko tanggal 22 Desember 2023, yakni sebanyak 3.379 orang penumpang.
Sementara keberangkatan penumpang tertinggi secara komulatif sampai hari ke 13 masa posko masih di Stasiun Kertapati, yakni sekitar 10.450 penumpang.
Kedua diikuti stasiun Lubuk Linggau sekitar 5.715 penumpang dan selebihnya di stasiun keberangkatan lainnya di Payakabung, Prabumulih, Muara Enim, Lahat, Tebing Tinggi dan Kota Padang, dengan jumlah total 22.377 penumpang.
Sedangkan untuk kedatangan tertinggi juga ada di Stasiun Kertapati sekitar 6.915 penumpang, diikuti stasiun Lubuk Linggau sekitar 5.380 penumpang dan selebihnya di stasiun keberangkatan lainnya di Payakabung, Prabumulih, Muara Enim, Lahat, Tebing Tinggi dan Kota Padang, dengan total sekitar 18.275 penumpang.
Sehingga secara total ada sekitar 40.652 orang yang telah berangkat menggunakan kereta api sampai tanggal 2 Januari 2024 lalu.
Manager Humas Divre III Palembang Aida Suryanti mengungkapkan bahwa secara kumulatif dari tanggal 21 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024, lebih dari 50 ribu tiket sudah dibeli (50.982 tiket) atau tingkat okupansi sudah mencapai 113 persen dari ketersediaan tempat duduk.
“Divre III Palembang di masa liburan Nataru ini menjalankan KA Bukit Serelo relasi Kertapati -Lubuk Linggau (PP), KA Rajabasa relasi Kertapati -Tanjung Karang (PP) dan KA komersial Sindang Marga relasi Kertapati -Lubuk Linggau (PP),” ungkap Aida, Kamis (4/1/2024).
Tak hanya itu, pihaknya juga melakukan penambahan kereta/gerbong pada KA Sindang Marga dari tanggal 27 Desember 2023 sampai tanggal 2 Januari 2024 lalu.
“Untuk tiket KA Bukit Serelo dan KA Rajabasa sudah habis terjual sampai tanggal 7 Januari 2024, sedangkan KA Sindang Marga masih tersedia,” ujar Aida.
Sebagaimana diketahui bahwa KAI sudah menerapkan pembelian tiket H-45 atau 45 hari sebelum KA nya berangkat.
Masyarakat dapat membeli tiket KA di Apps ACCSES BY KAI, Website kai.id atau Channel Penjualan resmi lainnya.
Aida juga mengimbau kepada pelanggan/ penumpang KA untuk selalu menjaga dan berhati-hati dengan barang bawaan agar tidak ketinggalan.
“Hindari membawa barang bawaan yang berlebihan dan menggunakan perhiasan yang mencolok,” pungkas Aida.